Selasa, 17 Mei 2016

Olala, Mudahnya Tracking Ninmedia

ADA saja yang gemes dengan kehadiran Ninmedia di satelit Chinasat-11 (98.0° E); yang sudah lock geregetan karena channel yang Coming Soon tetap saja Kaming Sun, sementara yang belum lock dan berkali-kali tracking tak nyantol-nyantol, lebih gemes saja sepertinya. Yang suka cita adalah para teknisi yang mendapat berkah dari hadirnya tv satelit FTA yang bisa ditangkap hanya pakai dish offset itu. Dan deretan penikmat berikutnya tentu saja toko perlengkapan parabola dan produsen alat-alat serupa.

Iya, dengan hanya menggunakan dish kecil ex pay tv, penempatannya tak makan space, lebih praktis. Dan bagi orang yang belum tahu, bisa-bisa yang sudah pasang Ninmedia disangkanya berlangganan pay tv. :)

Pakai tiang bekas kaki kipas angin KDK. (foto: ewe)
Sebenarnya, secara kekuatan pancaran sinyal, si Ninmedia itu terbilang kuat sekali. Lalu, kalau sinyal luber tetapi para newbie gagal melalukan pointing, dimanakah kesalahannya?

Saya juga tracker anyaran, saya juga newbie. Tetapi alhamdulillah, sudah berhasil lock si Ninmedia, baik pakai dish offset maupun menempelkan LNB Ku-band pada parabola jaring 6 feet milik saya. Tunggu dulu, saya bukan teknisi, saya hanya penghobi, karenanya tentu saja saya bukan master.

Penghobi parabola itu sering tidak dipahami oleh tetangga. (Jadi curhat nih...) naik turun tangga demi tracking malah ditanya, “Belum dapat siaran ya, Mas?”

Aduh Biyung......, mau dijawab bagaimana, coba. Mau diterangkan detail belum tentu dia paham, gak diterangkan, sampai kiamat pun ia menyangka kita adalah makhluk kurang kerjaan. Hehe.. Ah peduli amat, woles aja, gan...

74%, lumayanlah. (foto: ewe)
Baiklah, walau saya sudah pasang satu dish offset ex Astro di atap untuk nangkap Ninmedia, gara-gara saya punya kaki penyangga kipas angin KDK yang gak kepakai, sementara dish ex OrangeTV punya saya gak ada tiangnya, jadilah saya kawinkan dua barang itu untuk tracking Ninmedia di depan rumah, di bawah jemuran.

Lokasi tempat saya menaruh piringan antena itu hanya berjarak 2,5 meter dengan dinding rumah tetangga di sisi barat. Dengan kondisi begitu, bisakah ketangkap si Ninin?

Mula-mula saya taruh bekas kaki kipas angin itu pada bidang yang saya anggap rata. Dan karena di rumah saya punya waterpass (namanya juga pekerja bangunan, pasti punyalah alat itu) saya gunakan perangkat tersebut untuk memastikan bahwa tiang itu pada posisi tegak-lurus. Sebagai newbie, jadi mesti hati-hati. Beda dengan para master yang karena sudah pinter, walau tiang agak doyong pun masih bisa tracking.

Si Ninmedia ke-lock juga pada dish mesh 6 feet. (foto: ewe)
Tiang sudah terpasang, saatnya menaruh dish yang sudah pula saya pasangi LNB. Baut-baut masih longgar, sehingga masih bisa diarahkan naik-turun dan serong kiri-kanan. Sudah? Ohya, selain waterpass, saya juga punya satfinder. Mereknya Skybox type SF500. (Harganya? Lumayan bikin kantong bolonglah; ya kalau dibelikan Matrix Burger S2 dan LNB Marix MK II dapat dua biji) Dengan alat mungil ini, menjadikan ritual tracking menjadi lebih simple; tak perlu bawa-bawa tv portable dan reciever.

Saatnya beraksi!
Saya setting menu find satellite di Satfinder pada posisi satelit Chinasat-11 di transponder 12500 V 43200. Naik-turunkan dish pelan-pelan, penuh perasaan. Goyang dumang kiri-kanan, juga secara perlahan. Dan, tiiitttttt..... buzzer di satfinder menjerit. Batang sinyal terpampang, kecil sih; tak sampai 40%.. Tidak apa-apa. Tinggal memaksimalkan saja, mengepaskan saja.

Corat-coret dish, biar gaya. Haha... (foto: ewe)
Nah, setelah berusaha sekuat tenaga (uft, lebay ya?!), saya berhasil mengunci sinyal si Ninin pada angka 74%. Sebagai hasil tracking di depan rumah, beralas tanah, di sisi barat agak terhalang tembok rumah tetangga, sebagai newbie dapat sinyal segitu sudah lumayanlah.

Bagaimana, sudahkah Anda lock Ninmedia hari ini? *****

67 komentar:

  1. semua siaran satelit chinasat 11 kok di acak ya bg? katanya siara lokal gratis

    BalasHapus
  2. Seharian tracking blm dapa nih hadew

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat, semoga sekarang sudah dapat. Salam cling dari Surabaya.

      Hapus
  3. Saya juga sudah coba tracking masih belum dapat, saya pake dish ex astro, lnb skyview, pake satfinder skybox SF500 = LOfreq Univ, Downfreq 12500, Symbolrate 43200, Polarity V, disecC1 OFF, 22k AUTO, settingnya sama tidak ? trims

    BalasHapus
  4. saya juga pake dish ex astro sangat sulit sekali, kira2 gimana mengakalinya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin belum pas saja. Atau LNBnya masih bawaan Astro. Ampun deh, soalnya saya pakai LNB bawaan Astro juga gak dapat-dapat. Begitu pakai yang merek Mat**x, langsung cling.

      Hapus
  5. saya pake dish astro...mula-mula pake LNB bawaan astro...susahnya dapat chinasat 11...tp begitu mudahnya dapat SES 9...akhirnya iseng saya beli LNB TANAKA T-60 KuBand....dish arah azimuth 300*,LNB arah jam 4, elevasi 73,4*...BEEP mode ON....lsg deh ketemu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama, saya juga gagal kalau pakai LNB bawaan Astro. Haha, salam cling.

      Hapus
  6. saya pakai dish+LNB ku band Matrix. sdh berhari-hari kok cuma dapat sinyalnya 28%. Kira-kira mungkin gak ya kalau LNBnya yang mati dari sononya(dari pabrik)? Mohon bantuannya... Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja pakai LNB lain. Kalau dapat, berarti LNB yang pertama memang bermasalah. TEtapi kalau masih belum dapat, artinya ada yang kurang pas saja.

      Hapus
  7. Ada yang bisa berbagi info cara lock ninmedia pakai disc bekas orange. Saya sudah beli receiver Tanaka new samurai HD mpeg4 tapi belum berhasil mendapatkan sinyal. Bila ada sudah pernah berhasil mohon berbagi.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin belum pas saja, coba terus samapi berhasil. Ohya, semoga sekarang sudah dapat. Salam cling dari Surabaya.

      Hapus
  8. Mas.. Saya trakng 3hari lom dpt apa2 maklum pemula, saya menggunskan antena wajan bolik, tlong klo ada yg bisa bsntu. Mksih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai wajan? Oh, sudah banyak tuh yang berhasil tracking Ninmedia poakai wajan. Saya lihat di Youtube. Iya, wajan penggorengan. Tetapi, apakah wajanbolic yang Anda pakai itu dirancang untuk menangkap sinyal satelit atau sinyal UHF?

      Hapus
  9. Om,
    aku sdh hampir1mingu tracking chinasat 11, pake disk ex asrt* lnb KVision Kuband, quality nya 99% , tp signalnya kok hanya 1 - 3% turun naik, reciver pake venus vd322 (rx jadul). dibagian mana yg kurang/ salah ya om?? aku di denpasar , arah dishk barat laut,konektor arah utara.
    Mohon pencerahannya ya om..
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, rx-nya memang harus sudah Mpeg4, kalau masih Mpeg2 ya gak bakalan dapat. Ohya, Venus VD322 itu sudah Mpeg4 apa masih Mpeg2 ya?

      Hapus
  10. Udah berhari2 trcking gk nemu2 jgak si ninn, aku pkek bkas orange tv rcvernya skybox a1 .. apa harus ganti lnb.? Karna lnb bwan gak bisa nangkep.. tolng om pncerahannya.

    BalasHapus
  11. Gan q da dapet si ninin nya qwality 100% pakai reciver getmicom hd 009 lnb matrix ku band selanjutnya q pngen lock ses 9. Tp berhari2 blm dapat q minta saran nya gan?

    BalasHapus
  12. postingan bagus, nice brooo.... untuk agan - agan tracker mania, alternatif mengawinkan ses9 dg china11 bisa dengan cara berikut.
    http://pusatnyaparabola.blogspot.co.id/

    Buat yg punya blog, trims.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Gan mau tanya saya tracking Abs 2A channel ada dolarman nya apa betul sekarang di kunci semua channel Smv tv yang di abs2a
    trimakasih

    BalasHapus
  15. Sharing kang : cari arah satelit di http://www.dishpointer.com/. untuk memperbaiki kualitas signal putar lnb pelan2.

    BalasHapus
  16. kualitas sinyal ninmedia di Pontianak mentok di 69% ya?

    BalasHapus
  17. Saya bukan teknisi nih.. saya pke reveiber dan payung matrix beserta LNB yg biasa nangkepnya telkom ama Palapa gan.. itu LNB Perlu diganti atau tidak?? Terus tuh PARABOLA Miringin kemana biar Lock ninmedia?? #terimakasih

    BalasHapus
  18. sya pake disc top tv lnb nya pake matrik terus sya ganti skyviw. semua nya tetap gak bisa.. sinyal ada 45% tp quality 0%.. sdh 1 minggu tracking.. apa disc top tv itu gk bs ya...mhon pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya pakai semua dish ex pay tv bisa. Cuma ada beberapa dish yang tadinya pakai LNB S band (Indovision, Oke Vision atau TopTV) yang peletakan LNB-nya perlu trik khusus. Caranya ada yang memotong tiang fokus beberapa centi untuk kemudian dipasang braket LNB Ku Band, atau cara ke dua: melubangi 'pantat' LNB Ku band untuk diberi baut. Nah, kalau pakai cara ke dua, kita tinggal masukkan baut yng telah terpasang di pantat LNB ke lubang bekas baut LNB S band pada tiang fokus.

      Semoga gambaran ini membantu. Atau ada kawan lain ingin menambahkan atau meluruskan jawaban saya di atas, silakan turut berkomentar. Terima kasih.

      Hapus
  19. Dri thaicom ku ke ninmedia bekas dish indovision gimna gan?tkp Aceh Barat

    BalasHapus
  20. iya eh, susah betul dapat ninin, padahan katanya sinyalnya luber2.
    pakai dish indov skybox a1 lnb kuband matrix, tapi polaritas sinyalnya 60% merah..
    gank nyantol2, padahal kalo cari ses7 mudahnya...
    mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai dish ex Indovision, peletakan LNB yang harus diperhatikan. Karena dari yang awalnya S band menjadi Ku band, ada saja yang kesulitan meletakkan secara persis di titik fokus.

      Titik fokusnya ya di lubang baut bekas LNB S band itu. Untuk memasang LNB Ku band disitu ada beberapa cara. Ada yang memotong tiang fokus, ada yang melubangi pantat LNB Ku band, dan memasang baut disitu, lalu dipasang begitu saja pada bekas lubang LNB S band. Nah, saya pakai cara yang kudua itu.

      Semoga berhasil.

      Hapus
  21. susah gan, pointing ke chinasat 11 gak nyantol2... dpt 2 kali tp ilang lagi. ada trik kusus gak gan buat pointing ke chinasat 11? saya di perbatasan jogjab magelang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sabar dan telaten. Beneran kok, sinyal si Ninin tuh luber banget. Semoga sekarang sudah myantol ya.

      Hapus
  22. saya ada dish ex topas tv+LNB topas tv..untuk dekoderna ada skybox dvbt2..apa perangkat2 itu bisa digunakan untuk ninmedia? posisi dish yg skrg perlu diubah gk ya( posisi pemasangan awal dr teknisi topas)? sy gk tau itu arah barat /timur pak...

    trus itu yg dimaksudkan peletakan LNB ad yg namany pemontongan tiang fokus, pelubangan pantat LNB mksdna yg sblh mana pak? mohon ajarannya pak, saya mau belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topas kan pakai LNB C band ya? Perhatikan lagi LNBnya dan kenali bentuk dan jenis-jenis LNB. Satu lagi, decoder/set top box DVB-T2 adalah untuk menagnkap siaran tv digital terrestrial (yang pakai antena biasa itu), bukan untuk satelit/parabola.

      Untuk istilah pemotongan tiang fokus dan melubangi pantat LNB adalah istilah untuk pemasangan LNB Ku-band bila dirakit pada dish ex Indovision.

      Jadi, maaf, perangkat Anda kurang mendukung kalau untuk mendapatkan siaran Ninmedia.

      Hapus
    2. Betul pak, Topas sepengetahuan yang saya baca memang menggunakan LNB C-Band untuk menangkap frekuensi dari sinyal Palapa. Jadi yang bisa saya gunakan hanya dish parabolanya aja yah pak? Untuk LNB dan receiver sy harus membeli lagi..

      Kalo dari yg saya baca2 disini untuk receiver itu tipenya dvb-s2 dengan didukung memutar format mpeg4. lalu bagaimana tipe LNB yang harus dimiliki pak, apa semua tipe LNB Ku-Band yang dijual di pasaran bisa digunakan untuk Ninmedia? soalnya hargany bervariasi dari 30rb - 100rbuan.
      Makasih untuk balasan bapak sebelumnya.

      Hapus
  23. Newbie nih gan. Saya tracking ninmedia pakai disk ex b.gtv, lnb ku bang dan receiver matrik berger s2 tp ga dpt2 sinyal. Tlng donk !

    BalasHapus
  24. Newbie nih gan. Saya tracking ninmedia pakai disk ex b.gtv, lnb ku bang dan receiver matrik berger s2 tp ga dpt2 sinyal. Tlng donk !

    BalasHapus
    Balasan
    1. TKP mana? Semoga sekarang sudah dapat ya.

      Maaf, balas komentarnya terlalu lama jaraknya. :)

      Hapus
  25. Pakai dish matrix 60cm, lnb mmp dan Rx matrix burger s1 HD lokasi Palembang, sudah 1 minggu tracking malah 3x dapat sinyal measat 3 nya K-vision(semua channel diacak) yg chinasat 11 ngak dapat-dapat sinyalnya padahal setting nya frek chinasat 11. apa ketutupan measat ya?

    BalasHapus
  26. Arah Barat Sedikit keutara (arah Jam 10) dish naik 77'

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. minggu kmarin tracking pertama saya pakai parabola ke chinasat11... pakai dish 60cm dan dapat signal 85-90% sinyalnya kuat bgt. cuman kadang kalau mendung tebal mau turun hujan sinyal bisa hilang sebentar

    BalasHapus
  29. Mohon pencerahannya. Saya punya disk+LNB indovision tp Dekodernya blm HD. Klo receiver nya diganti dengan yg HD. Bagaimana mensettingnya mendapatnya sinyal satelitnya. Sorry msih newbie.. Terima Kasih bnyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk LNB ganti yg Ku band. Reciever ex Indovision gak bisa utk Ninmedia. Silakan beli reciever yg bisa FTA aja. Di toko parabola atau beli online banyak kok. Juga kalau bisa, minta settingkan juga Transponder Ninmedia.

      Sehingga tinggal tracking aja. Tapi ya itu, butuh ketelatenan dan kesabaran kalau memang belum pernah sama sekali. Aman itu minta jasa teknisi sambil terus perhatikan cara kerjanya, siapa tahu jadi ngerti. Mudah-mudahan dapat teknisi yang gak pelit ilmu, sehingga Anda bisa nanya ini-itu tentang teknik dasar tracking satelit.

      Hapus
  30. Mat pagie, semalem tracking chinasat 11 gk dapat2. Disk pake bekas astro, lnb kuband dual output merk tanaka, reseiver dvb combo st2, mohon pencerahannya... Makasih mind.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, reciever combo ST2 itu pengertiannya bisa nangkap siaran digital terrestrial (cuma pakai antena UHF itu) dan juga bisa nangkap siaran yang pakai satelit ya?

      Kalau iya, apakah sebelumnya Anda sdh pernah tracking diaran tv satelit? Kalau belum, yang memang gitu itu nyari sinyal satelit. Gampang-gampang susah. Tapi kalau setting reciever sudah bener dan pointing antena serta pemasanhan LNB sudah tepat, niscaya siaran si Ninmedia ketangkap kok.

      Terus berjuang,dengan kesabaran dan ketelatenan, semoga Anda segera dapat nangkap si Ninin.

      Hapus
    2. Maaf, reciever combo ST2 itu pengertiannya bisa nangkap siaran digital terrestrial (cuma pakai antena UHF itu) dan juga bisa nangkap siaran yang pakai satelit ya?

      Kalau iya, apakah sebelumnya Anda sdh pernah tracking diaran tv satelit? Kalau belum, yang memang gitu itu nyari sinyal satelit. Gampang-gampang susah. Tapi kalau setting reciever sudah bener dan pointing antena serta pemasanhan LNB sudah tepat, niscaya siaran si Ninmedia ketangkap kok.

      Terus berjuang,dengan kesabaran dan ketelatenan, semoga Anda segera dapat nangkap si Ninin.

      Hapus
  31. mas, punya aku kok susah banget buat dapet sinyalnya, sinyal cuma 47-48% pakai Dish Matrix, Lnb matrix dan Receiver Matrix cinema, arahnya kemana ya mas untuk Purwanegara Banjarnegara, mohon bantuanya THX

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah dapat 47-48%, berarti sudah dapat sinyal dan tinggal dimaksimalkan saja. Gotik dish pelan-pelan, putar LNB kekiri-kanan juga pelan-pelan sampai didapat sinyal maksimal. Niscaya dengan sedikit lagi perjuangan yang penuh kesabaran, si Ninin akan clink.

      Salam dari Surabaya.

      Hapus
  32. Saya tracking Sudah seminggu ga bisa bisa..padahal sudah sesuai petunjuk..aneh nya klo saya lepas kabel dari LNB nya sinyal sudah dapet 40% pas dicolok lagi ke LNB naek mentok di 43-45% received pake visat HD qi LNB Tanaka salah dmana ya om..mohon jawaban nya om..

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. saya di ngawi lereng gunung lawu

    BalasHapus
  35. aku dapat sinyal mentok di 52% tp tiap detik kembali ke nol trs bolak balik trs gt digoyangpun malah turun sinyalnya gmna ya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pas itu. Gotik dikit lagi. Semoga clink.

      Hapus
  36. Udah 2 minggu saya tracking paket ninmedia reciever orion sky gak dapat terus gan.,mohon saran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui bahwa beda daerah beda posisi dish nya, tkp saya sumut dan dish saya arahkan ke barat, sampek lbaran monyet gk dapat2, rupanya ada tmn di grup fesbuk bilang kalo daerah kami tu dish nya ke timur baru saya cari, eh 5 mnit nyantol tpi sinyal hanya 63%, mau gotik lagi istri uda nyuruh turun wkwkwkw

      Hapus
  37. 3 jam dapet 80% area Surabaya
    DISH Orange TV LNB ndak tau mereknya tulisanya Universal
    Reciver Venus Meteor. Apa bisa pakek transponder lain dengan arah yg sama..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah dapat 80%. Ohya, Surabaya mana TKP-nya?
      Transponder lain tempo hari ada (Nano+), tapi sekarang sudah tidak ada lagi di Chinasat-11. Kalau mau dapat Transponder lain, kita bisa nembak ke satelit lain. Namun mesti nambah LNB lagi, agar bisa namgkap siaran dari satelit Thaicom-4, misalnya.

      Hapus
  38. Met pagi min, mau tanya saya coba pasang sendiri dapet signal intensity 60% tapi sognal qualitynya kok 0% terus ya..salah dmn kira2?makasih min

    BalasHapus
  39. Saya sudah berhari2 tracking satelit chinasat11 dengan menggunakan dish tanaka 45 cm lnb ku band tanaka 11 resiver kaonsat imax belum dapat2 juga binggung + pusing,,, kira2 apa yg salah ya,, help me,, saya posisix di palangkaraya.

    BalasHapus
  40. sy udah 3 hr tracking ga dpt2 pakai dish tanaka 45cm rx big brger hd,cm 60% tanpa dish ko jg 60% dlm rmh jg gt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang saya posisi jkt barat pakai tanaka set, mmg bgt sll 60% jika disambung ke lnb, lock susahnyaaa minta ampun ampe skrg blm lock juga

      Hapus