Jumat, 15 Februari 2019

2019: Siaran TV Digital Cuma 15?

KAWAN-KAWAN teknisi parabola mungkin sedang menerima berkah dari telah aktifnya satelit Telkom-4. Satelit yang juga bernama Satelit Merah Putih itu dihuni oleh beberapa transponder yang dulu bermukim di Satelit Telkom-1, dan beberapa waktu kemarin (sambil menunggu peluncuran dan aktifnya satelit Telkom-4 yang menggantikan satelit Telkom-1) terpancar via satelit Telkon-3S. Sebut saja misalnya, antv, TransTV, Trans7 dan CNN Indonesia. Berkah yang saya maksud adalah, tentu pemirsa siaran tv satelit FTA yang sedang kehilangan channel-channel tersebut (dan kebetulan tidak bisa tracking satelit sendiri) tentu meminta bantuan teknisi yang bisa mengembalikan siaran-siaran yang sedang hilang.

Walau, katanya, untuk mengembalikan arah satelit dari Telkom-3S yang berada di posisi 118º ke Telkom-4 di posisi 108º itu tak sulit (bagi yang bisa sih), tentu lebih gampang tracking siaran digital terrestrial. Tinggal pasang antena UHF, diarahkan ke menara pemancar, dapat dah. Perkara dapat berapa channel, itulah yang bikin geregetan. Katanya dulu, tahun 2018 ASO (Analog Switch Off). Secara gampang, itu saya terjemahkan sebagai siaran tivi analog semua telah bermigrasi ke sistem digital. Ternyata saya keliru. Terjemahannya ternyata tidak begitu. Buktinya sekarang sudah tahun 2019, dan sebagian besar siaran televisi yang kita nikmati di rumah masih terpancar via frekuensi analog yang katanya boros bandwidth itu.

Saya kurang tahu pasti kenapa para pemilik stasiun televisi itu ngotot belum juga pindah ke sistem digital. Hanya beberapa saja yang sudah. Kota yang sudah menikmati siaran digital yang cuma beberapa channel itu juga baru beberapa. Belum semua kota di Indonesia. Saya saja yang tinggal di Surabaya ini, dari dulu hingga sekarang channelnya ya cuma itu-itu melulu. Apakah tingkat kepekaan set top box saya yang kurang sensitif, ataukah arah menghadap antena saya yang merk Titis ini belum 'titis' ke menara pemancar, saya kurang tahu. Makanya, kalau dalam daftar channel yang akan saya tulis di bawah ini nanti tidak sesuai, padahal secara daya jangkau, Anda masih berada dalam satu coverage area dengan saya, silakan Anda dikoreksi.

Beberapa channel yang
tertangkap STB saya.
Baiklah, secara iseng, pagi tadi saya scan. Berharap ada MUX baru yang on air. Punya Viva, misalnya. Atau Emtek. Atau MNC. Ternyata oh ternyata, tetap belaka. Yang mengudara tetap itu-itu saja. Yang lainnya mungkin masih betah bertiarap. Entah sampai kapan.

Siaran televisi digital terrestrial untuk area Surabaya dan sekitarnya channel-channelnya yang sudah mengudara adalah sebagai berikut; MUX 506 (MetroTV, BBSTV, MetroTV), MUX 522 (TransTV, Trans7, CNN Indonesia), MUX 586 (TVRI, TVRI, TVRI-3, TVRI Sport, Inspira, SBO, NusantaraTV, CNN Indonesia, NET-HD). Itu saja. Kalau masih ada yang luput dari tangkapan set top box saya, tolong dilengkapi pada komentar ya. ****


2 komentar:

  1. Kayaknya ada yang kurang deh di muxnya TVRI yaitu TV MUHAMMADIYAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya to? Maaf, waktu kapan hari saya scan tvMu belum muncul soalnya. 😊

      Hapus