Senin, 26 April 2021

Setelah Semua Mux Mengudara Lalu Apa?

MINGGU kemarin saya iseng scan siaran tv digital di dekat towernya. Iya, di Surabaya ini, semua pemancar tv ada di bagian barat. Kecuali TVRI. Iya kalau dari Surabaya timur, pemancar TVRI tetap di barat. Tetapi tidak barat-barat amat dibanding lainnya. Termasuk tower RCTI yang dulu menjulang di kawasan Kertajaya Indah, kini kokoh berada di Sambisari, Surabaya Barat.

Saat saya scan kemarin, saya memboyong set top box Kaonsat. Dengan antena mungil bawaan tv portable mainan anak saya dulu.

Lihat Youtube saya,
klik disini! 

Dari lantai 23, tempat saya mencoba tracking, nyaris semua tower pemancar kelihatan. Kecuali yang terhalang gedung apartemen Puncak Bukit Golf yang bangunanya memang persis di barat tempat saya. Juga pemancar TVRI gak kelihatan, karena ia berada di timur.

Dari jarak, rata-rata tak sampai tujuh kilo meter dari pemancar, nyaris semua siaran digital tertangkap. Kecuali yang tidak tertangkap. 😀 

Jadi begini, beberapa yang tidak tertangkap itu dikarenakan terhalang gedung, menjadikan saya secara serampangan berkesimpulan sinyal tv digital tidak dapat menembus halangan gedung. Tolong koreksi kalau salah. Hal kedua yang saya curigai sebagai penyebab tidak tertangkapnya sinyal adalah karena antena yang saya gunakan terbilang sangat mini. Kecil sekali, dan cuma saya taruh di atas pesawat televisi. Lain halnya kalau antena yang saya pakai lebih mumpuni, dengan dipasang di balkon atau top roof.

Tetapi begini; di apartemen, biasanya ada aturan bahwa kita tidak diperkenankan semaunya menaruh barang, termasuk antena, di bagian yang tampak dari luar. Sedangkan untuk menarik kabel antena untuk ditaruh di top toof, juga tak semudah itu, Fergusso.

Jadi?

Ya tak usahlah dibahas lebih jauh. Toh saya bukan penghuni apartemen. 😊

Baiklah, setelah Mux MNC grup mengudara, lengkap sudah semua mux on air di Surabaya. Lalu apa? Sedangkan realitanya, pemilik mux itu adalah para raksasa. Yang punya saluran televisi tidak cuma satu. Ambil rata-rata saja: masing-masing telah punya empat. Hitung saja. Berapa sudah yang mengudara di kanal digital.

Untuk yang berjaringan nasional, tinggal RTV dan NET. yang belum ada. Selebihnya adalah pemain lokal. Yang dua di antaranya telah mengudara. BBSTV ikut mux Media grup, Jawa Pos TV (SBO TV) ikut TVRI.

Ditunggu saja; bakal di mux mana JTV, TV9, ArekTV dan SurabayaTV akan mengudara? *****



Tidak ada komentar:

Posting Komentar